Manajemen S-1

Manajemen S-1

1. Visi Program Studi S1 Manajemen STIE Y.A.I
  Menjadi Program Studi unggulan di bidang manajemen di Indonesia yang diakui keberadaannya di tingkat Regional pada tahun 2025.

 

2. Misi Program Studi S1 Manajemen STIE Y.A.I
  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran yang unggul di bidang manajemen yang memenuhi kualifikasi pada tingkat Nasional maupun Regional.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan penelitian yang unggul di bidang manajemen yang memenuhi kualifikasi pada tingkat Nasional maupun Regional.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang unggul di bidang manajemen yang berkontribusi pada peningkatan daya saing Bangsa

 

3. Prospek karir
  1. Prospek karirSebagai analis, supervisor, maupun administrator di bidang pasar modal, investasi, manajemen risiko, manajemen keuangan, dan perbankan.
  2. Sebagai analis, supervisor maupun administrator dalam bidang pemasaran, manajemen merek, riset pemasaran, layanan pemasaran
  3. Sebagai analis, supervisor maupun administrator di bidang manajemen sumber daya manusia dan organisasi dan sistem informasi sumber daya manusia, perencana sumber daya manusia, perencanaan karir, dan pengembangan pribadi
  4. Sebagai wirausahawan dengan penggunaan iptek yang baik.

 

4. Capaian Pembelajaran
  Mempunyai etika profesional dan sikap akademis berdasarkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air, mempunyai kemampuan menjelaskan teori-teori ekonomi, akuntansi, dan manajemen serta keterkaitannya, mempunyai kemampuan mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis masalah dalam bidang manajemen, mempunyai kemampuan membuat alternatif pemecaham masalah dan merancang model sebagai langkah lanjutan dalam pemecahan masalah dalam bidang manajemen, mempunyai kemampuan berkomunikasi secara vertikal maupun horisontal sebagai sarana menuju kesuksesan dalam pergaulan, mampu berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan, mampu melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

 

5. Konsentrasi
  5.1 Konsentrasi Manajemen Pemasaran
    Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat memahami arti, manfaat, dan tujuan manajemen pemasaran, mampu menjelaskan cara mengembangkan strategi dan rencana pemasaran, mampu menganalisis lingkungan, perilaku konsumen dan melaksanakan riset pemasaran, serta mengidentifikasi segmen dan target pasar, menciptakan ekuitas merek, juga mampu menghadapi persaingan. Selain itu mampu berhubungan dengan pelanggan, menciptakan nilai, kepuasan dan loyalitas pelanggan, mampu memahami karakteristik, klasifikasi dan mendiferensiasikan produk, membangun dan mengelola bauran produk dan lini, penggabungan produk, serta mampu memahami konsep pengemasan, pelebelan, jaminan dan garansi. juga mampu memahami konsep dan pemasaran jasa.
  5.2 Konsentrasi Manajemen Pemasaran
    Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa mengetahui lingkungan isntitusi keuangan dan perannya dalam meningkatkan kesejahteraan, mampu merencanakan, mengendalikan, dan menganalisis laporan keuangan, mampu memahami dan mengevaluasi kinerja keuangan dalam upaya operasional, investasi dan alokasi kekayaan perusahaan. Selain itu diharapkan juga mampu mengelola dan mengambil keputusan atas aset jangka pendek yaitu manajemen kas, piutang dan persediaan, memahami, mengaplikasikan dan mengambil keputusan atas teori time value of money, mampu mengambilan keputusan investasi surat berharga jangka panjang dan aset tetap, memahami risiko dan keuntungan dalam melakukan investasi termasuk memahami risiko dan keuntungan pembiayaan aset menggunakan utang, memahami alokasi laba dalam kebijakan dividen, serta memahami konsep merger dan akuisisi perusahaan.
  5.3 Konsentrasi Manajemen Pemasaran
    Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa memahami tentang organisasi dan lingkungannya, bagaimana fungsi-fungsi managerial dalam organisasi dan peranan manajemen sumber daya manusia dalam organisasi. Maahasiswa juga dibekali pengetahuan aturan ketenagakerjaan, kemampuan dalam memilih metode dan proses rekruitmen, juga melakukan evaluasi kinerja termasuk melakukan mutasi, rotasi, promosi dan demosi kepada karyawan berdasarkan hasil evaluasi. Mahasiswa juga diharapkan dapat menyusun manajemen karir dan kompensasi, juga bagaimana perusahaan mengelola semangat kerja, manajemen konflik, disiplin, mengatasi keletihan dan kebosanan dalam upaya mencapai tujuan organisasi

 

6. Kurikulum
  Link Kurikulum

 

7. Laboratorium, Pelatihan dan Sertifikasi
  Untuk melengkapi kompetenti lulusan, selain memenuhi kurikulum, mahasiswa Prodi Akuntansi STIE Y.A.I juga wajib mengikuti lab, pelatihan dan sertifikasi sebagai berikut:

 

No. LAB PELATIHAN SERTIFIKAT
1. Manajemen Keuangan SPSS WAPERD
2. Manajemen Sumber Daya Manusia Eviews TOEFL
3. Marketing PLS Micro Finance/Operational Marketing
4. Aplikasi Microsoft Mendeley

Share:

Tags: karya,ilmiah,yai,upi