Pengembangan Platform Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence

Pengembangan Platform Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence

Yayasan Administrasi Indonesia 1972 dan PT. CheckIT Labs Indonesia Jalin Kerjasama dalam Pengembangan Platform Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence


Pada tanggal 12 Agustus 2024, Yayasan Administrasi Indonesia 1972 (Y.A.I 1972) dan PT. CheckIT Labs Indonesia mengadakan acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk pengembangan solusi perangkat lunak Sistem Manajemen Pembelajaran atau Learning Management System (LMS) dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Kegiatan ini berlangsung di Kampus Universitas Persada Indonesia Y.A.I.


Acara ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan dari kedua belah pihak, termasuk Prof. Dr. Ir. Yudi Yulius, MBA - Ketua Y.A.I 1972, Prof. Ir. Sri Astuti Indriyati, MS., Ph.D - Rektor UPI Y.A.I, Dr. RR. Reschiwati, S.E., M.M., Ak., CA - Ketua STIE Y.A.I, dan Christiano Lombogia, S.E., M.M., Ak - Direktur AA Y.A.I. Dari PT. CheckIT Labs Indonesia, hadir Mr. Tihomir Kascelan - CEO PT. CheckIT Labs Inc, Mr. Dusan Krompic - Head of Product Development PT. CheckIT Labs Inc, serta Ibu Yunita Chairunnisa, S.E - Direktur Utama PT. CheckIT Labs Indonesia dan jajarannya.


Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Yudi Yulius, MBA menyampaikan pandangannya mengenai perkembangan teknologi yang pesat dan bagaimana kerjasama ini menjadi langkah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan akademik bagi dosen dan mahasiswa. Rencananya, implementasi LMS ini akan dimulai dari portal dosen dan portal mahasiswa untuk memudahkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas akademik di Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I. Beliau juga berharap agar implementasi LMS berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) ini dapat segera diterapkan di lingkungan Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I, yaitu Universitas Persada Indonesia Y.A.I, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, dan Akademi Akuntansi Y.A.I.


Ibu Yunita Chairunnisa, S.E juga mengungkapkan antusiasmenya terhadap kerja sama ini. Menurutnya, “Kerjasama ini merupakan hal yang baru, tapi saya percaya melalui Yayasan Administrasi Indonesia 1972, manfaatnya bisa kami sebarkan ke lembaga atau yayasan lain melalui Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I untuk memberikan kontribusi yang lebih luas.”


Penandatanganan ini dilakukan oleh Ketua Y.A.I 1972, Prof. Dr. Ir. Yudi Yulius, MBA dan Direktur Utama PT. CheckIT Labs Indonesia, Ibu Yunita Chairunnisa, S.E. Kolaborasi ini bertujuan untuk menggabungkan keahlian dan sumber daya dari kedua belah pihak, menciptakan solusi pendidikan yang inovatif dan adaptif melalui pemanfaatan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).


Diharapkan pengembangan dan penerapan platform teknologi pendidikan yang canggih ini, yaitu CheckIT Learning, akan mampu memenuhi kebutuhan akademik dan administrasi di Yayasan Administrasi Indonesia 1972 secara lebih efektif dan efisien. Implementasi LMS ini juga diharapkan akan meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen di Yayasan Administrasi Indonesia 1972 serta dapat direplikasi di institusi akademis lainnya.

Share:

Tags: Pengembangan,Platform,Pembelajaran,Berbasis,Artificial,Intelligence