Inilah Softskill dan Hardskill yang Dibutuhkan Mahasiswa Dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja

Inilah Softskill dan Hardskill yang Dibutuhkan Mahasiswa Dalam  Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja

Hai Sobat STIE YAI !!

Diera yang serba digital ini pastinya kualifikasi setiap perusahaan yang membutuhkan karyawan baru memiliki beberapa perubahan dalam mengkualifikasi karyawannya. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak kegiatan sehari – hari kita yang tanpa disadari sudah serba digital, jadi untuk kalian sebagai mahasiswa tidak bisa terlena dengan satu fokus skill saja yang kalian pelajari di perguruan tinggi. Dalam konsep skill pun juga terbagi menjadi dua yaitu, softskill dan hardskill, dari susunan kata pun, kedua hal ini sudah berbeda dan jelas memiliki perbedaan yang signifikan juga. Mari kita mulai dulu dari pengertian hardskill yang berarti kemampuan yang dipelajari berdasarkan materi dari sekolah, perguruan tinggi hingga kursus – kursus yang digeluti, sedangkan softskill yang berarti kemampuan yang terbentuk dari rasa dan sifat alami. Dari pengertian masing – masing bukan berarti kita terbatas dalam mempelajari hal – hal yang baru, seperti contoh anak akuntansi tidak boleh belajar design grafis. Semakin banyak hal – hal baru yang kita pelajari semakin banyak pula peluang kita sebagai mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan. Dan sudah banyak juga mahasiswa – mahasiswa yang setelah lulus nyatanya bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang mereka pelajari selama diperguruan tinggi. Maka dari itu generasi kita tidak bisa disamakan dengan generasi – generasi sebelumnya yang dimana hanya terpaku pada jurusan saja yang mereka pelajari selama diperguruan tinggi bukannya kita sebagai generasi muda merasa terpacu dan memiliki kebanggaan tersendiri bukan? Ketika kita bisa menguasai lebih dari 1 skill saja. Untuk itu yuk kita bahas softskill dan hardskill apa saja sih yang dibutuhkan mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Disini kita akan membahas hardskill terlebih dahulu. Hardskill sendiri menjadi salah satu faktor utama saat HRD menyeleksi kriteria karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Saat si calon karyawan mengirim resume / CV hal yang diliat pertama kali yaitu hardskill apa yang dimiliki calon karyawan tersebut. Berikut 5 hardskill yang akan dibutuhkan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. 

Kemampuan mengoperasikan Komputer. 

Saat ini, hampir seluruh lapangan pekerjaan menggunakan komputer dalam proses pengerjaannya. Dimulai dari yang sederhana sebatas mencatat hingga kebutuhan yang lebih kompleks. Jadi skill mengoperasikan komputer ini wajib banget kamu kuasai sebelum melamar pekerjaan. 

Memahami Media Sosial 

Internet diera sekarang memiliki peran penting bagi berlangsungnya kehidupan saat ini. Salah satunya media sosial yang hampir semua kalangan manusia mengaksesnya. Yup untuk masalah pekerjaan pun ternyata media sosial juga memiliki peranan penting dalam berlangsungnya proses pekerjaan, dari yang sekedar menjadi tempat promosi hingga menjadi bisnis yang dimana hampir seluruh transaksi menggunakan media sosial. Untuk itulah kita sebagai generasi muda harus bisa memahami media sosial itu sendiri yang ternyata di dunia kerja sekarang hal ini menjadi salah satu kriteria yang dibutuhkan perusahaan. 

Kemampuan Bahasa asing 

Kemampuan ini kini menjadi suatu kewajiban juga untuk kalian calon karyawan yang ingin melamar pekerjaan. Setidaknya di Indonesia hampir semua perusahaan mencantumkan standar setidaknya fasih dalam berbahasa inggris yang telah kita ketahui Bahasa Inggris sendiri menjadi Bahasa global untuk setiap manusia dari manca negara untuk berkomunikasi. Jadi untuk kalian yang masih belum lancar berbahasa inggris yuk mulai dicicil untuk mempelajarinya. 

Kemampuan menganalisis

Dunia kerja sangat berbeda dengan dunia perkuliahan, disana kalian akan menghadapi permasalahan yang lebih kompleks, jadi skill menganalisis juga penting untuk dikuasai untuk menghadapi berbagai masalah yang akan terjadi. Seperti kamu harus memiliki pola pikir yang kritis agar mempunyai sudut pandang yang bisa membuat perusahaan lebih tumbuh dan berkembang. 

Berpikir kreatif dan inovatif

Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak orang menjadi semakin kreatif. Tantangan ini merupakan hal nyata yang harus kamu hadapi didunia kerja. Kamu bisa melatihnya seperti membaca, menonton, mengikuti seminar, berdiskusi atau memperbanyak pengalaman magang saat kuliah 

Selanjutnya banyak dari kamu pastinya kebingungan bagaimana cara melatih atau menambah softskill kalian. Karena dari pengertiaannya sendiri softskill itu terbentuk dari sifat alami manusia. Jadi mari simak tentang softskill yang dibutuhkan mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. 

Kerjasama tim.

kerja sama tim adalah contoh dari softskill yang paling umum diketahui dan juga tidak terlalu susah untuk melatihnya. Karena saat kamu kerja kelompok saja sudah membantu kamu melatih skill ini, tapi tetap ikut bantu ya jangan hanya titip nama aja hehe. 

Berpikir kritis

Dalam dunia perkuliahan kamu pasti tidak asing dengan ini, kamu dari awal kuliah pun juga sudah dituntut berpikir kritis dari saat dosen menjelaskan hingga kamu mengolahnya secara rasional. Skill ini akan membantu kamu lebih mampu untuk menerima arahan serta menganalisis situasi yang dihadapi dengan lebih tepat. 

Kepemimpinan

Punya kemampuan ini bukan berarti kamu pernah memimpin suatu acara atau organisasi. Dari kamu bisa mengendalikan amarah kamu itu sudah menjadi pemimpin untuk dirimu sendiri. Skill ini mampu mengajarkanmu bagaimana memberikan arahan yang baik dalam memimpin tim hingga menyelesaikan konflik yang ada. 

Berkomunikasi

Komunikasi bukan hanya soal interaksi dengan lingkungan kamu aja, pastinya akan banyak situasi yang akan kamu hadapi saat menggunakan skill ini. Skill ini membuat kamu paham akan situasi yang kamu hadapi dan bagaimana menempatkan dirimu disaat itu, seperti berbahasa yang sopan ketika kamu berhadapan dengan orang yang lebih tua atau atasan kamu. 

Fast Learning

Dengan memiliki skill belajar dengan cepat juga membantumu saat ada perubahan atau penambahan tanggung jawab kerja yang sering terjadi loh. Jadi kamu dituntut untuk dapat menyerap informasi dan menerapkannya dengan cepat. 

Jadi hardskill dan softskill memiliki kepentingan yang selaras dalam mempersiapkan diri kita sebagai mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja nanti. So tunggu apalagi guys jangan sia – sia in waktu menjadi mahasiswa ini jika kamu tidak mau memaksa dirimu sendiri untuk bisa satu Langkah lebih maju. Good luck


Share:

Tags: Softskill,Hardskill,Dibutuhkan Mahasiswa,Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja,Inilah Softskill dan Hardskill yang Dibutuhkan Mahasiswa Dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja,Dunia Kerja,Softskill dan Hardskill